Bulan Kebiasaan 2 “Memulai Dengan Tujuan Akhir”

KB-TK-SD Islam Al Barkah menerapkan “Program The Leader in Me” dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa atau yang dikenal dengan istilah 7 habbits. Dalam kebiasaan 2 ini, siswa di ajak untuk berfikir ke depan, membuat rencana, membuat visi dan misi sehingga tujuan hidup lebih terarah. Pada bulan kebiasaan 2 adalah “Memulai dengan tujuan akhir”  berarti memulai hari-hari dengan tujuan yang dipahami secara jelas. Dengan selalu mengingat tujuan akhir, kita akan yakin bahwa apa pun yang kita lakukan setiap harinya tidak melanggar hal-hal yang kita anggap penting dan penerapannya dalam keseharian hidup kita akan turut mengarahkan kita pada visi hidup kita secara keseluruhan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Stephen Covey mengemukakan bahwa cara yang paling efektif untuk mulai dengan tujuan akhir adalah dengan mengembangkan “pernyataan misi pribadi”. Hal ini berfokus pada ingin menjadi apakah Siswa (karakter), dan apa yang ingin Siswa lakukan (kontribusi dan prestasi), serta pada nilai-nilai atau prinsip yang mendasari Siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membuat tujuan akhir bisa dikatakan membuat perencanan hidup kita untuk masa depan. Dalam hidup, sebuah perencanaan sanngat penting untuk dibuat. Ada beberapa orang yang enggan dengan sebuah perencanaan, tetapi ada juga yang suka dengan perencanaan. Mengapa perencanaan itu penting? Karena perencaan akan membuat hidup kita semakin terarah dan tidak keluar dari koridor yang kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post

Yayasan Perguruan Islam Al Barkah Unit TK Islam Al Barkah melakukan giat persiapan pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka.Yayasan Perguruan Islam Al Barkah Unit TK Islam Al Barkah melakukan giat persiapan pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada sekolah-sekolah yang sudah melewati tahapan pengajuan penyelenggaraan melalui online. Setelah melewati pengajuan daftar online, pemerintah akan